Selasa, 15 Januari 2013

Cara Riset Pasar

Cara Riset Pasar

cara reset pasar
Dalam menjalankan suatu bisnis online, sangatlah perlu melakukan riset pasar. Tujuan melakukan riset pasar ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peminat produk yang akan anda pasarkan. Tahapan ini sangat penting dan harus benar dalam mengerjakannya. Karena jika salah dalam mentargetkan pasar dan kata kunci yang akan kita bidik, maka hasilnya tidak akan memuaskan. Meskipun halaman website penjualan kita muncul di halaman pertama google.

Berdasarkan pengalaman dan sharing dengan teman, website mereka berhasil muncul di halaman pertama mesin pencari (search engine) google. Yang berarti bisa mengalahkan pesaing mereka yang jumlahnya miliaran website. Tetapi website teman saya tersebut tidak mendapatkan banyak pengunjung karena ada kesalahan dalam membidik kata kunci (keyword). Jadi dalam tahapan ini, anda harusnya bisa cermat, tepat, dan benar dalam melakukannya.

Baiklah, langsung saja akan kita praktekkan bagaimana cara riset pasar yang benar. Sebagai contoh jika ada seseorang yang akan membahas suatu bahasan tentang bagaimana cara membuat website dan akan memasarkannya secara online. Kita mulai saja, untuk melakukan reset produk dan kata kunci. Ada banyak tool yang dapat dipakai untuk melakukan riset pasar, salah satunya adalah keyword tool external. Tool ini bisa dipergunakan secara gratis.

Cara riset pasar :
  1. Langkah pertama, akses halaman ini http://www.adwords.google.com/select/keywordtoolexternal/
  2. Sesudah muncul halamannya, cari kotak word or phrase, masukkan kata kunci produk yang akan dijual. misalkan "cara membuat website".
  3. Jangan lupa untuk mengganti target negara dan bahasa menjadi indonesia, jika anda akan memasarkannya di negara indonesia. Centang Board menjadi Exact untuk melihat hasil pencarian yang sama persis.
  4. Masukkan kode verifikasi kemudian klik tombol search.
  5. Setelah kita meng-klik tombol search, maka kita akan mendapatkan data jumlah pencari perbulan. Juga beberapa kata kunci lainnya yang mengandung kata kunci utama yang kita cari.
Setelah mendapatkan data (kata kunci) dari hasil riset pasar, sekarang waktunya untuk menyeleksi kata kunci mana yang akan kita ambil sebagai kata kunci utama produk kita. Sebaiknya pilih kata kunci yang memiliki setidaknya 1000 jumlah pencari setiap bulannya. Makin banyak pencari dan makin relevan dengan produk kita, maka semakin bagus. Setelah mendapatkan ide kata kunci, waktunya melihat tren pasar dari kata kunci tersebut. Akan kita bahas di artikel yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar