Rabu, 16 Januari 2013

Cara Melihat Tren Pasar

Cara Melihat Tren Pasar

Cara Melihat Tren Pasar
Cara Melihat Tren Pasar. Melihat tren pasar perlu dilakukan, tujuannya adalah untuk menganalisis apakah kata kunci yang akan dipakai tetap akan tetap hangat setiap bulan hingga tahun ke tahun. Dengan menetapkan kata kunci berdasarkan tren pasar, maka bisnis online yang kita jalankan akan bertahan hingga bertahun-tahun yang akan datang.

Tentunya kita tidak ingin setelah membuat produk kemudian memasarkannya melalui blog atau website penjualan kita akan terus menurun karena tidak sesuai dengan tren pasar. Oleh sebab itu sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, bahwa tahapan riset pasar ini sangatlah penting. Sebab salah kita mengambil target pasar dengan salah memilih kata kunci maka tidak cukup baik dan memuaskan. Untuk itu kita harus benar-benar melakukan riset pasar dengan baik, tepat, dan benar.


Langsung saja kita bahas dan kita praktekkan tentang bagaimana cara melihat tren pasar. Kali ini kita akan memakai bantuan tool gratis dari google, yaitu google trends. Berikut ini langkah demi langkahnya :

  1. Masuk ke halaman http://www.google.co.id/trends/
  2. Masukkan kata kunci dikolom search trends, jika kita akan memasukkan 2 kata kunci, maka masukkan 2 kata kunci dengan dipisahkan tanda koma (,).
  3. Kita akan segera melihat hasilnya, untuk kata kunci yang jumlah pencarinya sedikit tidak akan ditampilkan grafik tren-nya. Jika kita mendapatkan masalah seperti ini maka kita bisa menjadikan pedoman kata kunci yang masih berhubungan dengan kata kunci yang akan kita targetkan. Sebagai contoh misal anda memasukkan kata kunci "cara merakit sepeda sendiri", dan jumlah pencarinya sedikit. Kita bisa mencoba kata kunci yang masih berhubungan, misal "merakit sepeda sendiri", dan seterusnya sampai didapat tampilan tren pasar yang memiliki jumlah pencari yang banyak
  4. Kita juga perlu mengganti dikotak negara menjadi negara indonesia. Dan untuk tahun, pertama kita coba untuk melihat dua tahun sebelumnya.
  5. Lihat tren 2 tahun sebelumnya. Setelah anda melihat selanjutnya ganti dengan tren 1 tahun sebelumnya.  Tujuannya untuk membandingkan apakah tren 2 tahun sebelumnya sampai tahun sekarang ini grafik tren pasarnya meningkat atau menurun. 
  6. Dari hasil grafik tersebut, kita bisa melihat bahwa tren pasar untuk kata kunci cara merakit sepeda, grafiknya meningkat atau menurun. Jika grafiknya meningkat maka kata kunci yang kita target selama 2 tahun masih tetap hangat.
  7. Belum berhenti sampai disini, coba sekarang ganti tren selama 30 hari terakhir. Gantilah tahunnya menjadi last 30 days, dan lihat hasilnya. Jika hasil grafiknya menggembirakan, grafik tren tetap, sering naik, dan tidak pernah turun drastis. Ini berarti kata kunci yang kita pilih selama 2tahun terakhir bahkan satu bulan sebelumnya, tren pasarnya masih tetap hangat.; Kata kunci ini bagus untuk dipilih sebagai kata kunci produk yang akan kita pasarkan secara online. Dalam hal ini kita ambil contoh kita akan memasarkan produk "cara merakit sepeda". Kata kunci tersebut diambil berdasarkan dari riset pasar yang telah dilakukan.

Selain dengan google trends, cara melihat tren pasar bisa kita dapatkan dari banyak sumber. Misal dari forum online. Kita bisa menggunakan fasilitas pencarian dalam forum tersebut, apakah kata kunci yang anda targetkan pernah ata ada yang mendiskusikannya. Apakah diskusi tersebut mendapatkan tanggapan yang maik dan masih aktif sampai sekarang. Dari hasil pencarian tersebut kita juga bisa menjadikannya pedoman untuk menetapkan kata kunci.

tag :
tren pasar, melihat tren pasar, cara melihat tren pasar, trends pasar, melihat trends pasar, cara melihat trends pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar